Pages

Senin, 07 Februari 2011

Solusi Jitu Menuju Kaya

Uang bukan segala-segalanya, tetapi segalanya tidak berjalan lancar tanpa adanya uang. Bagi sebagian orang, agar bisa menjadi kaya secara finansial adalah dengan bekerja keras sekaligus cerdas, dengan asumsi bahwa uang yang akan didapat akan semakin banyak. Menurut saya, cara seperti ini sudah benar, namun sebaiknya tidak berhenti sampai disini.

Yang jauh lebih penting lagi adalah bagaimana mengendalikan uang kita agar tidak mudah ‘menguap atau kebobolan’, misalnya untuk pengeluaran keperluan belanja bulanan, bayar tagihan, dll. Sebenarnya yang menjadi persoalan bukanlah apakah gaji/income kita perbulan 2 juta, 5 juta, 10 juta atau 100 juta sekali pun. Yang sangat menjadi persoalan adalah seberapa besar kita melakukan pengeluaran per bulannya.

Kalau pendapatan kita 2 juta, pengeluaran kita 1,5 juta, berarti kita beruntung bisa menabung dan berinvestasi. Kalau pengeluaran kita sama yaitu 2 juta, berarti kita seperti yang dibilang Robert Kiyosaki, tak ubahnya seperti rat race atau perlombaan tikus. Yang paling apes adalah kalau pengeluaran kita diatas 2 juta! Lha apa yang akan ditabung, apalagi investasi? Jadinya malah ngutang he he he.

Oleh karena itu, secara finansial, tidak selalu misalnya Budi dengan income 5 juta per bulan dan Rudi berincome 2 juta per bulan, maka Budi akan lebih kaya dari Rudi. Apabila ternyata pengeluaran Budi adalah 4,5 juta, sementara Rudi pengeluarannya Rp 1 juta jelas Rudi akan menjadi lebih kaya dari Budi. Jadi yang terpenting adalah seberapa banyak uang yang bisa Anda simpan untuk ditabung atau diinvestasikan.

So, Anda tidak perlu menunggu menjadi ahli keuangan untuk cerdas dalam hal mengelola keuangan. Yang Anda butuhkan adalah kejelian melihat pos-pos pengeluaran yang paling kita butuhkan dan membandingkannya dengan pendapatan yang kita terima setiap bulannya. Defisit keuangan bisa kita kurangi dengan mencoret pengeluaran-pengeluaran tidak terlalu penting yang kita miliki kemudian menitik beratkannya pada hal-hal yang penting.

“Besar kecilnya pendapatan tidak menjamin bahwa kita bisa menutup seluruh biaya-biaya bulanan kita. Jadi jangan pernah minder dengan gaji / income anda saat ini meskipun masih berada dikisaran 2 juta atau dibawah angka itu. Asal kita bisa mengelolanya dengan bijak, semua pendapatan kita akan mencukupi kehidupan sehari-hari.”

Kesimpulannya adalah bukan terutama seberapa besar penghasilan kita, namun seberapa besar kemampuan kita dalam meminimalkan pengeluaran itu tiap bulannya dan seberapa banyak uang yang bisa Anda simpan untuk ditabung atau diinvestasikan. Ini yang menurut saya bisa menjadi salah satu solusi jitu untuk menjadi kaya.

Bagaimana menurut Anda..? Anda setuju..?

Reaksi:

0 komentar: