Pages

Selasa, 06 Maret 2012

Minum Air Putih Mampu Kurangi Kelebihan Kalori

Kelebihan kalori dapat dicegah dengan banyak mengonsumsi air putih. Hal ini sangat kontras dengan kondisi anak-anak dan remaja sekarang yang umumnya lebih senang mengkonsumsi minuman manis atau bersoda. Menurut studi terbaru, kebiasaan ini memberikan manfaat besar bagi kesehatan, karena selain dapat mencegah kegemukan pada anak-anak, juga mengurangi resiko gigi berlubang dan masalah kesehatan lain yang diakibatkan konsumsi gula berlebih. Terlebih lagi, kebiasaan ini tidak akan mendatangkan efek buruk bagi asupan nutrisi.
“Manfaat dari kebiasaan ini telah teruji. Dengan mengganti asupan minuman manis atau bersoda dengan air putih dapat mengurangi kelebihan kalori dan mencegah kegemukan pada anak-anak,” ujar Dr Y Claire Wang dari Columbia University Mailman School of Public Health, seperti dilansir melalui Times of India, Kamis (8/4/2009).
Peneliti telah menganalisa asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak-anak dan remaja dalam dua hari. Data tersebut bersumber dari National Health and Nutrition Examination Survey pada 2003 hingga 2004.
Dalam penelitian ini pun dilibatkan dampak konsumsi air putih terhadap jumlah total asupan energi anak-anak berumur dua hingga 19 tahun.
Nyatanya, terbukti bahwa konsumsi gula dapat meningkatkan resiko kegemukan pada anak dan remaja. Namun resiko ini dapat dicegah dengan mengonsumsi air putih.
“Kami menyarankan agar anak-anak dan remaja mengurangi konsumsi minuman manis atau bersoda, kecuali untuk sesekali saja. Bagaimanapun air putih memang lebih menyehatkan,” pungkas peneliti itu. 

sumber:okezone

0 komentar: